Blogger Widgets Read more: http://riefsaz.blogspot.com/2012/12/kumpulan-kursor-keren-untuk-blog.html#ixzz2nugOHnxy

iklan

Kamis, 05 Desember 2013

Teknik Penyadapan


1. Bagaimana teknik penyadapan ini bisa terjadi apakah ada campur tangan operator?
Penyadapan bisa terjadi walaupun campur tangan operator dengan asumsi selama operator mengambil jaringan data dari luar, operator menggunakan alat bukan buatan Negara kita sendiri dan selama operator saling terhubung secara internasional maka penyadapan itu akan terjadi begitu juga kemungkinan bukan hanya Negara  kita saja yang terkena kasus penyadapan ini

2. Teknik - teknik penyadapan seperti ini apakah sudah biasa di dunia hacking?
Teknik penyadapan seperti ini banyak sekali jenisnya, ada yang tanpa menggunakan perangkat/alat tambahan dan ada juga yang memerlukan perangkat tambahan, jika skalanya penyadapannya seperti ini kemungkinan besar menggunakan perangkat/alat tambahan yang memiliki teknologi khusus dan biasanya digunakan di suatu Negara untuk kepentingan tertentu

3. Tool - tool apa saja yang digunakan untuk menyadap telepon?
Tools yang digunakan dalam penyadapan telepon banyak sekali tipenya tergantung perangkat/alat yang digunakan baik itu Open Source maupun Close Source. Misalnya alat yang digunakan seperti Universal Software Radio Peripheral (USRP) dengan GNU Radio.

4. Kita pernah mendengar teknik penyadapan dengan menggunakan teknik airprobe? Apa itu airprobe?
Airprobe itu hanya interface untuk menganalisa GSM namun tidak bisa berdiri sendiri, akan tetapi perlu dukungan perangkat/alat lain yang digunakan untuk mengirim frame layer GSM tentunya dengan menembakkan ke jaringan operator yang ada namun cara ini hanya dapat melakukan penyadapan dalam lingkup jaringan yang terbatas setiap operatornya.

5. Pengguna backtrack linux mungkin sudah biasa menggunakan tools pentest yang ada didalamnya, apakah tutorial untuk melakukan pentest bisa didapat dengan mudah di internet?
Untuk melukukan pentest dalam teknik penyadapan dalam hal ini pengguna sistem operasi untuk pentest (tidak hanya backtrack) dapat dengan mudah mendapatkan tutorial yang ada di internet, akan tetapi untuk lebih spesifik seperti penyadapan telepon GSM (kecuali voip) masih memerlukan perangkat/alat yang terbilang cukup mahal bagi sekelas pengguna biasa serta memerlukan ketrampilan khusus (professional) untuk melakukannya dan tidak hanya sekedar didapat melalui tutorial yang ada di internet.

6. Tips untuk membentengi diri dari penyadapan telepon atau jaringan?
untuk membentengisangat sulit jika masih saling terhubung dengan jaringan karena tidak ada jaringan yang tidak bisa ditembus. Namun  ada trik  untuk mengurangi penyadapan ini, diantaranya :

  • lakukan percakapan terbatas melalui telepon dengan delay maksimal 2 menit setelah itu putus dan lakukan telepon kembali dengan jarak tenggang 1 menit, dengan asumsi: 55 detik persiapan pnyadapan, 5 detik play recording, 1 menit percakapan kita disadap 1 menit cache penyadapan. Sehinnga menit berikutnya pelaku penyadapan harus memulai dari awal lagi.
  • Lakukan percakapan di telepon sambil melakukan antifitas  lain ditelepon seperti SMS,internetan, chatting, dan lainnya, dengan asumsi: percakapan ditelepon tanpa disadari akan terjadi sedikit gangguan karena menggunakan jalur yang berbeda antara jalur percakapan dengan jalur SMS,internet,chatting, dan lainnya.
  • Lakukan percakapan di tempat ramai.

0 komentar:

Posting Komentar